Mom's day

Saturday, 22 December 2012

Happy Mother's day, mom..

Mama itu seorang wanita yang telah melahirkan dan membesarkan saya hampir 22 tahun ini. Mama itu sosok yang sangat kuat sudah berjuang setiap hainya mengurus saya dan cici saya. Dalam suka duka dan lelahnya.

Waktu sy kecil, mama adalah orang yang paling takut memasukkan sy ke sekolah. Dia takut anak bungsunya ini di bully org krn badannya yg kecil. Mama berjuang setiap harinya memberi sy makanan sehat biar sy tumbuh besar dan tinggi. Walaupun tidak terwujud, tapi mama selalu bilang "kamu cantik".. Buat mama, 2 orang anak perempuannya ini adalah malaikat2 tercantiknya.

Waktu kecil, sy sering merasa mama sering ngebanding-bandingin sy dengan org lain. Tapi sy tahu, buat mama, 2 org anak perempuannya adalah anugerah terbaik buatnya.

Salah satu hal yg berharga yg mama kasih ke sy adalah sebuah kepercayaan. mama adalah tipe org tua
yg memberikan kebebasan bwt anak2nya. Itu mengajarkan kami tentang arti dari kata tanggung jawab. Mama selalu blg "terserah." Mama juga tidak pernah berkata "tidak" untuk setiap hal yg kami minta, tapi juga tidak pernah mengatakan "ya". Sebuah kepercayaan dan tanggung jawab sudah diajarkan mama sejak kami masih kecil.

Mama adalah org yg selalu memakan makanan yg plg tidak disukai anak2nya terlebih dahulu. Biar makanan yg enak, kami yg makan.

Seiring saya beranjak dewasa, dimana saya sudah bisa mengurus diri saya sendiri, dimana saya sudah bisa belajar sendiri, makan dan mandi sendiri. Yang mama lakukan bukanlah melepaskan tanggung jawab setelah tugasnya selesai, tapi dia mengamati dan mengawasi kami, sesekali kami melakukan kesalahan atau lupa akan sesuatu, mama setia menunggu dan mengajarkan kami lagiii, lagii dan lagi..

Setiap malam, yg mama lakukan adalah berkeliling kamar kami satu persatu, mengunci pintu, mematikan lampu dan memasukkan baju-baju kotor ke mesin cuci. Seumur hidupnya, setiap hari dia lakukan hal yg sama tanpa pernah bosan. Kenyamanan, kesehatan dan keamanan kami adalah nomor satu baginya.

Sesekali sy dan cici sy membuatnya kecewa. Gagal di sekolah, berbuat kesalahan, nakal dan kurang ajar. Tapi mama ga pernah marah, yg dia lakukan hanyalah bilang "ga apa2 ko. Kan namanya jg belajar. Jangan nyerah dong!" Dan sebuah kalimat yg selalu dia bilang adalah "pasti bisa kamu mah!"

Satu sifat dr mama yg sgt sy kagumi adalah kuat. Kekuatannya untuk mendampingi papa, di kala papa sakit, papa marah, papa kesel, papa gagal, dan semua sifat jelek papa yg bahkan kami sebagai anak2nya kadang tidak bisa menerimanya, tapi mama bisa. Dan selalu bisa. Perjuangan dan kesabaran mama mengajarkan kami arti ketulusan.

Masih banyak hal2 yg mama ajarkan. Tpai yg terakhir yg ingin sy ceritakan adalah, mama mengajarkan saya tentang artinya uang. Mama sering marah kalau kami menghabiskan banyak uang untuk hal2 yg ga perlu. Tapiiii... Mama ga pernah peduli untuk mengeluarkan uang seberapa banyaknya untuk kebahagiaan kami. Dan mama mengajarkan bahwa kebahagiaan itu tidak ternilai.


Dear Lenny Parmadi,
the strongest woman in my world
Happy Mom's day
Thank you for your uncountable love.
I love you, mom.. Now and forever...

Comments

Popular posts from this blog

1 year has passed

Bahagia itu relatif, Sedih itu absolut...

Untuk kamu, kalian dan mereka...