My new life my new adventure!

Holaaaaa!!! 

Sekarang aku udah residen! Hihihi.. 
Residen adalah julukan atau sebuat buat orang2 yang lagi pendidikan ambil spesialisasi kedokteran! Yaiy! 

Aku mau sharing tentang gimana perjuanganku dan dia menjadi residen 😁

Hmm sekitar bulan Mei, 5 bulan yg lalu, gw memutuskan untuk mencoba sekolah lgi ambil spesialisasi. Coba cari jati diri mau jadi spesialis apa, dimana, dan apa yg bisa masuk (karna skr faktor utama spesialisasi adalah koneksi dan gw ga punya koneksi). Tapi ada 4 sih di kepala, penyakit dalam ky papa, kulit karna pas koas suka bgt kulit, patologi klinik karna suka lab dan mikrobiologi karna suka bgt sm bakteri2 virus.

Pertama penyakit dalam. Ga susah nyingkirin ini. Suka sih sama ilmunya. Pikir pikir pikir.. Ohh gamau ah kaya papa gada waktu kluarga, pasien ratusan ribuan kemana mana ktmu pasien. Delete!

Kedua kulit.. Hmmm suka sihh tapiii ga bisa masuk fix pasti banget susahnya aduhai. Sama papa d bawa ktmu 1 konsulen kulit, dia crita kehidupan dia. Kt dia dr kulit itu ga kaya yg kt liat d klinik ngurusin org sakit kult ato kecantikan, tapi tantangan sebenernya adalab waktu dapat pasien emergency di rs yg hrus di ranap yg kita hrus observasi cairannya, tanda vitalnya, fungsi organ dalam nya kaya internis + kulit. Mikiirrr2, trnyata di klas yg bkin gw suka kulit adalah karna gw bs ketemu mikroskop cari sesuatu di bawah sana, entah itu ketemunya kutu kah, jamur kah, bakteri kah. Delete deh!

Ketiga mikrobiologi.. Seru sihh tapii stelah dpikir-pikir, ada sesuatu yg lebih besar dimana mikrobiologi ada di dalamnya. Delete deh!

Terakhir patologi klinik. Ya inilah yg lebih besar dari mikrobiologi, yg di dalamnya ada ilmu penyakit dalamnya.
Jadilah gw memutuskan ambil spesialisasi ini.

Step pertama, gw coba magang di salah satu Lab di RS di bandung, ktemu satu dokter yg luar biasa baik, luar biasa ngajarin. Dan gw bener2 seneng, gw nemuin byk bgt hal yg bisa gw pelajarin disini, baik bidang kedokteran atau d luar kedokteran kaya fisika kimia matematik. Gw belajar kontrol alat, managemen lab dan byk hal lainnya.

Ahirnya sampelah gw cari2 pendaftaran dmana ya yg gw pnya ksempatan besar dan PK terbaik juga. Ahirnya gw coba daftar ke PK Universitas Brawijaya dmana PK nya trbaik dgn lab sentral.

Tahap 1 pemberkasan. Kumpulin berkas2, sampe balik lg ke bali buat minta surat kterangan kerja setaun. 
Yaiy lolos!!
Sambil nunggu tes tahap 2, gw belajar abis2an TPA dan toefl. TPA itu tes potensi akademik, yg isinya ada matematika, bahasa indonesia, bacaan, dan logika.
Sampailah di tes tahap 2 yg isinya TPA, toefl, MMPI, psikotes, kesehatan.
Brawijaya adalah satu2nya univ yg TPA nya langsung didatangkan dari OTO BAPENAS.
Dapet soalnya jeng jeng jeng beda bgt sm yg gw pelajarin dan fix sih gw ga bisanya banget!
Dan hopeless!
Ya udh deh udah hopeless ga lolos kayanya tahap 2, pergilah gw maen setiap harii. Daaan keluarlah pengumuman tahap 2! 
Ya ampun trnyata lolosss!!! Sampe loncat2!!!
Menyesal selama nunggu kemaren bukannya belajar utk tahap 3!
Langsung deh grabak grubuk belajar tes tahap 3!
Tes tahap 3! Karna yg lolos cuma ber 3, jdi kita tes ber 3. Tahap 3 tesnya teori PK sama wawancara. Ini agak santai sih.
Nunggu pengumuman, main dulu ah ke Bali sm keluarga. Pas harinya pengumuman, lagi di Bali, pagi2 buka web, yeyeyyeyy nama gw adaa!!! 

Puji Tuhaaaannn! Kaya ga percayaaaa 👏👏👏

Dan hari ini, waktu gw nulis ini, gw ada di airport lagi mau pindahan ke Malang ditemenin Mama yg berbaik hati nemenin gw bulak balik malang udh 5x sampe hari  ini.
Tapi rasanya males bgt sih skr ngebayangin sekolah lagi, jadi babu lagiii.
Tapi bersyukur juga karna byk bgt org yg pengen ada di posisi gw tapi belum beruntung.

Yaiy! Hari ini, 10 Oktober 2016 adalah perubahan terbesar di hidup gw.
Gw memulai hidup baru di Malang sbagai Residen PK, dan dia.. Dia malah udah lebih duluan ngejar mimpinya jadi Residen Penyakit Dalam di Filipina. Haha Best of luck for us, God bless us daann LDR lagi yg totalnya nanti mungkin 6 taun! Yaiy!
Pesannya adalaah, jangan takut mencoba, terus berusaha, chase your dream!!! 


Comments

Popular posts from this blog

1 year has passed

Bahagia itu relatif, Sedih itu absolut...

Untuk kamu, kalian dan mereka...